Rabu, 16 Mei 2012

Jenis-Jenis File System


BAB I
PENDAHULUAN

 
A.  Latar Belakang
Penulisan makalah ini dibuat berdasarkan tugas mata kuliah Sistem Operasi yg diberikan sebagai tugas kelompok yg terdiri dari 4 (empat) orang mahasiswa perkelompoknya. Dalam makalah ini membahas tentang Pengertian dan Perbedaan antara FAT, FAT32, NTFS dan EXFAT.

B.   Tujuan
Tujuan penulis menyusun makalah ini yaitu untuk mengetahui dan memahami tentang:
·         Pengertian FAT, FAT32, NTFS, dan EXFAT
·         Perbedaan antara FAT, FAT32, NTFS, dan EXFAT































BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian FAT, FAT32, NTFS dan exFAT
1.   Pengertian FAT
Sistem berkas FAT atau FAT File System adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital atau pemutar media portabel.
FAT pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates dan Marc McDonald, pada tahun 1976-1977. Sistem berkas ini merupakan sistem berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu, termasuk di antaranya adalah Digital Research Disk Operating System (DR-DOS), OpenDOS, FreeDOS, MS-DOS, IBM OS/2 (versi 1.1, sebelum berpindah ke sistem HPFS), dan Microsoft Windows (hingga Windows Me). Untuk disket floppy, FAT telah distandardisasikan sebagai ECMA-107 dan ISO/IEC 9293. Standar-standar tersebut hanya mencakup FAT12 dan FAT16 tanpa dukungan nama berkas panjang, karena memang beberapa bagian dalam standar nama file panjang di dalam sistem berkas FAT telah dipatenkan.
Sistem berkas ini digunakan oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows; untuk versi FAT yang didukung olehnya lihat pada bagian versi), GNU/Linux, dan masih banyak sistem operasi lainnya yang juga mendukung, termasuk Macintosh Mac OS/X.

2.  Pengertian FAT32
FAT32 adalah versi system berkas FAT yang paling baru, yang diperkenalkan ketika Microsoft merilis Windows 95 OEM Servis Release 2 (Windows 95 OSR2). Karena menggunakan table alokasi berkas yang besar (32-bit), FAT32 secara teoritis mampu mengamati hingga 232 unit alokasi (429467296 buah).
Meskipun demikian, dalam implementasinya, jumlah unit alokasi yang dapat dialamati oleh FAT32 adalah 228 (268435456 buah). Ukuran unit alokasi maksimum dapat mencapai 32768 byte (64 sektor), sehingga secara teoritis dapat mengalamati 8 terabytes (8192 Gigabytes), meski tidak disarankan. Selain itu proram instalasi beberapa keluarga system operasi windows NT 5.x ke atas hanya mengizinkan pembuatan partisi FAT32 hingga 32 Gigabytes (jika partisi lebih besar dari 32 GB, maka program instalasi windows hanya menyediakan system berkas NTFS).
File sistem ini bekerja dengan menempatkan file dalam tabel-tabel yang telah terindeks dan orang bule bilang File Allocation Table (FAT). File sistem ini pun memiliki berbagai versi yaitu FAT, FAT16, FAT32 dan FAT64 (exFAT). FAT64 atau yang sering disebut extended FAT (exFAT) adalah versi terbaru dari pengembangan filesistem FAT. Filesistem exFAT ini muncul di service pack pertama windows vista. Back to topic, filesistem FAT32 memiliki kelebihan yaitu performa yang cukup baik untuk menghandle kapasitas hardisk yang tidak terlalu besar. Konon, untuk partisi hardisk yang kecil, performa FAT32 lebih baik ketimbang NTFS, benarkah? Entahlah, saya tidak berani memastikan tanpa dilakukanya pengujian atau benchmarking. Kelebihan lain yang saya ketahui dari hasil pencarian adalah kompatibilitas terhadap data dan software lawas. Ya jelas saja, hampir semua sistem operasi (microsoft maupun non-microsoft) mampu melakukan read-write terhadap partisi FAT32. FAT32 merupakan filesistem ideal untuk sistem operasi windows 9x dan windows ME.
kapasitas besar (diatas 32GB). Konon, performa FAT32 kurang mumpuni untuk menangani kapasitas besar, bahkan sistem operasi windows membatasi besaran partisi maksimum untuk filesistem FAT32 hingga 32gb saja. FAT32 juga memiliki kekurangan untuk urusan keamanan yaitu, FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi data. Masa sekarang ini, enkripsi data cukup penting agar data tidak jatuh ke tangan yang tidak berhak. FAT32 juga memiliki kelemahan yang cukup fatal bagi orang-orang yang sehari-hari berkecimpung dengan file-file berukuran besar, misal seorang editor video. Mengapa? Filesistem FAT32 tidak mampu menampung single file berukuran 4gb atau lebih.     
Tidak hanya itu, beberapa orang berpendapat bahwa filesistem FAT32 ini lebih mudah terfragmentasi dibanding NTFS, jika fragmentasi meningkat, tentu berforma akan turun. Seseorang pernah berpendapat bahwa filesistem FAT32 kurang baik untuk digunakan instalasi windows yang berbasis NT. Bahkan, ada yang mengeluh windows xp nya bekerja tidak maksimal karena partisi tempat windows xp diinstal menggunakan FAT32.

3.  Pengertian NTFS
NTFS di kenalkan pertama pada Windows NT dan merupakan file system yang benar benar berbeda di banding teknologi FAT.NTFS atau New Technology File System1, merupakan sebuah sistem berkas yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT, yang terdiri dari Windows NT 3.x (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua service pack miliknya), Windows NT 5.x (Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003), serta Windows NT 6.x (Windows Vista, Windows 7).NTFS bekerja berdasarkan prinsip BTree dan menggunakan full indexing. Karena itu pula fragmentation dapat ditekan seminimal mungkin. Kemudian, setiap file pada NTFS memiliki checksum, yang memungkinkan file tersebut diperbaiki secara sempurna bila suatu saat NTFS tersebut bermasalah.
NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik , kompresi file , cluster dan bahkan support enkripsi data. NTFS merupakan file system standar untuk Windows Xp dan apabila anda melakukan upgrade Windows biasa anda akan di tanyakan apakah ingin mengupgrade ke NTFS atau tetap menggunakan FAT. Namun jika anda sudah melakukan upgrade pada Windows Xp dan tidak melakukan perubahan NTFS itu bukan masalah karena anda bisa mengkonversinya ke NTFS kapanpun. Namun ingat bahwa apabila anda sudah menggunakan NTFS akan muncul masalah jika ingin downgrade ke FAT tanpa kehilangan data.
Kekurangan NTFS yang sering dibicarakan adalah kompatibilitas terhadap software atau operating sistem lawas seperti win 9x dan ME. Sistem operasi lama milik microsoft ini tidak mampu membaca file sistem NTFS. Selain itu, beberapa orang menilai bahwa file sistem NTFS ini tidak universal, karena OS selain microsoft tidak mampu melakukan read-write pada partisi NTFS, namun hal ini sudah terselesaikan. Terselesaikan? Ya, saat ini distro linux telah mampu melakukan read-write file sistem NTFS dengan modul ntfs-3g. Ada yang berpendapat bahwa partisi berfile sistem NTFS akan susah diperbaiki jika terjadi masalah, Saat ini file sistem NTFS sudah cukup populer, sehingga muncul tool-tool recovery yang mendukung recovery data dan perbaikan partisi berfile sistem NTFS. Bahkan saya pernah mengalami 2 partisi di hardisk saya hilang karena suatu kesalahan, 1 berfile sistem NTFS dan satunya lagi berpartisi FAT32.

4.  Pengertian EXFAT
EXFAT (singkatan dari Extended File Allocation Table, atau seringkali salah disebut sebagai FAT64) adalah sebuah sistem berkas proprietary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash. Sistem berkas ini pertama kali dibuat oleh Microsoft untuk perangkat-perangkat benam di dalam Windows Embedded CE 6.0 dan Windows Vista Service Pack 1. Diperkenalkan pada bulan November 2006, sistem berkas ini dapat digunakan sebagai alternatif dari sistem berkas NTFS, karena memang NTFS memiliki struktur data yang relatif lebih besar ketimbang exFAT.

B.   Perbedaan FAT, FAT32, NTFS dan exFAT
Dari beberapa jenis file sistem di atas yaitu FAT, FAT32, NTFS dan EXFAT memiliki perbedaan yg mendasar antara satu dengan yang lainnya. Di bawah ini adalah tabel perbedaan antara NTFS dan FAT32 menurut karakteristiknya.
Karakteristik
NTFS
FAT32
Jumlah berkas dalam satu volume
232-1 berkas
232-1 berkas
Berkas atau sub directory setiap directory
Tidak terbatas
216-2 berkas atau direktori
Kompatibilitas dengan sistem operasi DOS
Tidak
Tidak
Dapat dual boot dengan windows 95/98
Tidak
Ya (windows 95 OSR 2.0 e atas)
Kompresi data transparent
Ya
Tidak
Enkripsi transparent
Ya (versi 3.0 ke atas)
Tidak
Penetapan quota ruangan untuk tiap pegguna
Ya
Tidak
Ukuran berkas maksimum
264-1 bytes
232-1 bytes
Ukuran cluster minimum
512 bytes (1 sektor)
512 bytes (1 sektor)
Ukuran cluster maksimum
64 KB (32 sektor)
64 KB (32 sektor)
Ukuran partisi maksimum
232 cluster
4,177,198 cluster
Jumlah berkas tiap partisi
232-1 berkas
228 berkas
Jumlah direktori tiap partisi
Tidak terbatas
216-2 direktori


Kemudian untuk membedakan EXFAT dengan jenis file sistem yang lain dapat dilihat dari kelebohan dan kekurangan atau kelemahan file sistem jenis EXFAT ini, yaitu :

Keunggulan exFAT
Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh exFAT adalah sebagai berikut :
·   Skalabilitas untuk HDD (hard disk drive) berukuran besar.
·   Ukuran berkas teoritis maksimal 264 (16 EiB). Sebagai perbandingan, FAT-32 hanya mendukung ukuran berkas maksimal hingga 232 (4 GB).
·   Ukuran Cluster yang didukung hingga 2255 Sector, dengan batasan implementasi hingga 32 MB (Megabyte).
·   Performa untuk alokasi ruangan kosong dan penghapusan ditingkatkan karena file system ini memperkenalkan implementasi baru, yaitu Free Space Bitmap
·   Mendukung lebih dari 216 (65536) berkas di dalam sebuah direktori tunggal.
·   Mendukung fitur access control list (ACL), seperti halnya NTFS. Sayangnya, fitur ini belum didukung sepenuhnya di dalam Windows Vista Service Pack 1.
·   Mendukung Transaction-Safe FAT File System (sebuah fungsi opsional untuk Windows CE yang diaktifkan).
·   Memiliki ruangan tersendiri yang bisa digunakan oleh OEM untuk melakukan kustomisasi terhadap sistem berkas untuk karakteristik perangkat tertentu.
·   Timestamp dapat ditampilkan dalam UTC, tidak hanya dalam local time saja.

Kelemahan exFAT
Beberapa kelemahan yang dimiliki oleh exFAT, jika dibandingkan dengan file system FAT sebelumnya (FAT12, FAT16, atau FAT32) adalah:
·   Perangkat yang menggunakan file system exFAT tidak bisa menggunakan kemampuan ReadyBoost milik Windows Vista (namun pada Windows 7, Microsoft sudah membuat file system exFAT yang baru dengan dukungan ReadyBoost).
·   Status lisensi yang belum jelas. Akan tetapi, Microsoft telah mempatenkan beberapa bagian dari file system FAT.
·   Tidak bisa diakses oleh sistem-sistem operasi Windows terdahulu, hanya Windows XP Service Pack 2, Windows XP sp3, Windows Server 2003 Service Pack 1, Windows Server 2003 Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 atau Windows CE 6.0, Windows 7, Windows 2008, Windows 2008 R2.
·   Belum tersedia implementasi dalam proyek open source.
Jika menggunakan Windows XP sp2/sp3 atau Windows Server 2003 sp1/sp2 harus menginstal dulu update pack KB955704.


BAB III
PENUTUP

Dari semua penjelasan di atas baik itu tentang pengertian FAT, FAT32, NTSF maupun EXFAT dapat kita ketahui bahwa hal-hal yang disebutkan tersebut adalah jenis-jenis file sistem. Dari setiap jenis-jenis file sistem tersebut memiliki cirri-ciri masing-masing sehingga terdapat perbedaan antara yang satu dengan yang lain. FAT32 dan EXFAT merupakan perkembangan dari file sistem FAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar